TIM KIR MAN 1 GRESIK SUKSES RAIH JUARA 3 SCIENTIFIC PAPER MEDSPIN 2023 TINGKAT NASIONAL YANG DISELENGGARAKAN OLEH FAKULTAS KEDOKTERAN UNAIR

Tim Karya Ilmiah MAN 1 Gresik menjadi salah satu ekstrkurikuler yang konsisten meraih prestasi. Prestasi terbaru dipersembahkan Tim Karya Ilmiah yang sukses meraih juara 3 Nasional Karya Ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Unair. Prestasi tersebut melengkapi raihan prestasi yang telah diraih dalam bulan lalu.

Tim Karya Ilmiah yang beranggotakan Fuadatuz Zakia dan Maftuhatul Ilmiyah (XI-2) berhasil menyisihkan ratusan peserta dari berbagai sekolah di Indonesia. Mereka berdua pun harus melalui jalan berliku sebelum menembus babak final dan meraih juara 3 pada gelaran Scientific Paper Medspin 2023. Mulanya mereka harus melalui babak penyisihan yang diikuti oleh ratusan tim KIR. Di babak penyisihan, mereka harus mengirimkan full paper penelitian yang mereka lakukan. Hal ini tentu berbeda dengan umumnya lomba karya ilmiah. Karena umumnya lomba karya ilmiah terlebih dulu seleksi abstrak, namun dalam Medspin 2023 harus mengirimkan full paper dan tentunya menjadikan persaingan semakin ketat.

Setelah penyisihan full paper yang cukup ketat, dipilihlah 8 paper terbaik. 8 Tim pembuat paper terbaik ini diundang di Fakultas Kedokteran Unair pada 19 November 2023. Di babak final yang diselenggarakan di Auditorium Fakultas Kedokteran Unair tersebut, Fuadatuz Zakia dan Maftuhatul Ilmiyah harus mempresentasikan karya ilmiahnya di hadapan para juri yang terdiri atas dosen Fakultas Kedokteran Unair dan Praktisi.
Di hadapan para juri mereka berdua mempresentasikan sebuah karya ilmiah inovatif tentang penerapan metode Zero Knowledge Proof dan Smart Contract. Di mana dalam karya ilmah ini, merupakan pengembangan dari karya ilmiah inovatif yang telah disusun sebelumnya. Tim Karya Ilmiah MAN 1 Gresik pun mampu mempresentasikan karya tersebut dengan cukup baik dengan pertanyaan yang cukup sulit dari juri.

Kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan ucapan selamat kepada Tim Karya Ilmiah yang beranggotakan Fuadatuz Zakia dan Maftuhatul Ilmiyah (X-12) ini merupakan prestasi kedua yang diraih oleh kedua siswa tersebut. Tentu keberhasilan tim karya ilmiah dalam meraih prestasi di tingkat nasional sebagai sebuah prestasi yang cukup membanggakan. Beliau berharap prestasi dalam bidang karya ilmiah ini terus dapat ditingkatkan. Melalui karya ilmiah, menunjukkan bahwa MAN 1 Gresik beperan serta dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.

Leave a Comment